Skip to main content

11 Jurusan Kuliah Yang Nggak Pernah Sepi Peminatnya. Yuk Langsung Ajah Cari Tahu Penjelasannya.




Dikutip dari berbagai sumber, pada kesempatan kali ini saya akan membahas jurusan-jurusan apa saja yang selalu diminati oleh calon-calon  mahasiswa baru disetiap tahunya. Dan jurusan ini menjadi favorit bukan tanpa alasan, namun karena prospek kerjanya yang dipandang menjanjikan oleh masyarakat kita menganggap sebagai langkah awal berkarir dan ada pula orang yang berkuliah dengan tujuan ingin memperdalam ilmu yang diminati.

Terlepas dari berbagi macam tujuannya pada dasarnya mengenyam pendidikan dizaman sekarang pendidikan adalah suatu kebutuhan, bukan lagi sekedar kewajiban.

Buat temen-temen yang baru lulus sekolah  atau yang baru mau daftar kuliah, semoga artikel ini bisa jadi referensi temen-temen dalam memilih jurusan. Berikut daftarnya:
1.      Hukum
Jurusan yang satu ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu  saja, untuk sukses di bidang hukum tidak boleh asal memilih Universitas yang menawarkan jurusan hukum. Namun perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan yang berkualitas.

2.      Ekonomi
Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ekonomi cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan orang yang memilih jurusan kuliahpaling diminati ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi kelak.

3.      Kedokteran
Peringkat pertama untuk jurusan kuliah paling diminati dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Well, bagi yang ingin memilih jurusan  kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih Universitas yang memiliki jurusan kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

4.      Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan Psikologi. Jurusan kuliah paling diminati ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan Psikologi sebagai pendidikan lanjutan setelah selesai di Sekolah Menengah Atas.

5.      Jurusan Teknik
Hampir disetiap perguruan tinggi di Indonesia jurusan teknik selalu menjadi jurusan yang populer jurusan ini biasanya ditujukan untuk kalian yang  dari jurusan IPA. Jurusan Teknik ada banyak cabang keilmuan yang lebiih spesifik seperti teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik sipil dll.
Jurusan ini dipandang jurusan yang memiliki prospek kerja dan para lulusan teknik dibutuhkan disetiap lini karir/bidang.

6.      Teknik Informatika
Dizaman era teknologi dan digital ini , studi tentang teknik informatika ini semakin digemari.
Jurusan ini mempelajari prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis sistematis untuk desain, perangkat lunak, hingga sistem operasi komputer. Alasan kenapa jurusan ini menjaadi favorit akhir-akhir ini adalah karena peluang kerjanya tidak terbatas. Kamu bisa jadi programer, software engineer, IT consultan, wirausaha startup, web engineer, dan system analyst.

7.      Jurusan Biologi
Jurusan kuliah ini mempelajari manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan tempat mereka tinggal. Siswa belajar tentang sistem ini di tingkat ekosistem. Sebagian besar lulusan biologi menemukan karir di bidang bioteknologi atau genetika.
Salah satu jurusan kuliah terbaik di bidang sains adalah Ilmu Lingkungan. Siswa belajar tentang proses fisik dan biologis yang terjadi di alam.
Ekologi dan genetika hanyalah dua bidang karier utama yang secara teratur mendominasi lulusan jurusan ini. Biologi tetap menjadi bidang studi populer karena persiapannya yang sangat baik di banyak bidang, seperti sekolah kedokteran dan mikrobiologi.

8.      Jurusan Administrasi Bisnis
Gelar bisnis mempersiapkan siswa untuk mengelola organisasi yang membeli, menjual barang dan jasa. Anda akan belajar cara menganggarkan biaya, merekrut staf, dan mengendalikan operasi.
Mereka yang mempelajari bidang ini biasanya mengambil kelas di bidang akuntansi, ekonomi, dan fungsi sumber daya manusia. Profesional di industri akuntansi dan pemasaran biasanya memiliki gelar bisnis.
Ekonomi adalah jurusan kuliah seperti gelar Bisnis, siswa belajar bagaimana barang dan jasa didistribusikan dan bagaimana masyarakat mengkonsumsi produk ini di dunia modern. Lulusan dengan gelar ekonomi biasanya mencari pekerjaan sebagai aktuaris atau perencana keuangan.
Dengan menyelesaikan gelar sarjana dalam jurusan ini, Anda dapat mengatur panggung sendiri untuk mendapatkan gelar MBA, atau membuka bisnis Anda sendiri. Lulusan administrasi bisnis menikmati gaji yang cukup tinggi.

9.      Jurusan Komunikasi
Dalam dunia yang saling terhubung oleh setiap bentuk media, tujuan menjangkau audiens yang tepat dengan pesan yang tepat tidak pernah lebih mungkin dicapai. Bentuk media baru yang didukung oleh infrastruktur nirkabel di mana-mana dan perangkat keras terjangkau yang dapat kita akses mengubah cara dunia berkomunikasi.
Jurusan kuliah Ilmu komunikasi dan media telah muncul sebagai bidang studi yang berkaitan dengan menyesuaikan cara kita berkomunikasi dengan berbagai aplikasi, diantaranya:
*      Jurnalisme, media elektronik, dan siaran TV & radio
*      Komunikasi antar budaya dan multi-bahas
*      Politik dan administrasi public
*      Seni pertunjukan, pidato, dan retorika
*      Administrasi bisnis, hubungan industri dan komunikasi perusahaan
Pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat
Karena penekanannya pada interpretasi dan analisis pesan visual dan verbal, jurusan komunikasi sering memiliki keahlian yang paralel dengan jurusan bahasa Inggris.

10.  Jurusan Keperawatan
Jika Anda berpikir untuk menjadi mahasiswa keperawatan, Anda dapat berharap untuk mendaftar di kelas anatomi, fisiologi, dan kimia.
Para profesional ini menghabiskan hari kerja mereka merawat pasien dan memberikan obat-obatan. Pekerjaan keperawatan dapat ditemukan di bidang khusus seperti neurologi atau geriatri.
Pelajar melakukan rotasi klinis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sebagai bagian dari pelatihan mereka. Mereka harus lulus ujian sertifikasi dari program keperawatan yang terakreditasi sebelum dapat dipekerjakan.

11.  Jurusan Ilmu Politik
Ilmu sosial adalah disiplin akademis yang mempelajari hubungan antar individu dalam suatu masyarakat. Jurusan kuliah dalam disiplin ini mencakup banyak bidang studi, seperti psikologi dan sosiologi. Pekerjaan yang tersedia dalam disiplin ilmu sosial ini termasuk pekerja sosial atau konselor rehabilitasi.
Program gelar sarjana ini biasanya mencakup kursus dalam studi sosial dan kelas-kelas lain tentang perilaku kelompok atau teori tentang motivasi dan kesejahteraan. Siswa Ilmu Sosial mengambil statistik dan kursus penelitian untuk belajar bagaimana menyelidiki masalah sosial dan membuat rekomendasi untuk perbaikan.
Mahasiswa ilmu politik mempelajari sistem tata kelola serta teori dan praktik untuk mendistribusikan kekuasaan dan sumber daya. Beberapa sub-bidang dalam disiplin ini termasuk kebijakan publik atau hubungan luar negeri.
Banyak karyawan sektor publik memiliki gelar ilmu politik. Para profesional ini sering ditemukan di tingkat pemerintah federal, negara bagian, dan lokal.
Layanan berkisar dari masyarakat hingga penegakan hukum. Lulusan ilmu politik juga bisa menikmati jenjang karier sebagai perencana kota atau pejabat setempat.

Demikian penjelasan terkait jurusan-jurusan favorit tiap tahunnya, semoga artikel ini bermanfaat




Comments