Skip to main content

Managemen SDM/Materi Pembelajaran/Tugas Kuliah

Managemen SDM

Definisi Managemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakuukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimmiliki. 

Pengertian secara sederhananya adalah Ilmu yang mempelajari pengelolaan SDM dengan menerapkan unsur-unsur managemen (Planing, Organising, Controling) untuk mencapai tujuan orgnisasi yang efektif dan efisen.

Isu-isu/ problem Managemen SDM yang ada saat ini :  
  1. Terbatasnya sumber daya manusia dengan sekil tertentu. Masalah ini terkait dengan ketersediaan sumber daya manusia/skill yang dimiliki terbatas. Dimana setiap perusahaan memerlukan SDM yang mumpuni untuk kemajuan bisnisnya namun karena adanya keterbatasan sumber daya manusianya sehingga hal ini menjadi salah satu masalah dari managemen SDM.
  2.  Perkembangan Teknologi atau Kecerdasaan Buatan. Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan atau membuat kehidupan semakin praktis. Meskipun dengan adanya kecerdasaan buatan tersebut namun peran manusia disini masih tidak dapat tergatikan karena teknologi itu sendiri tidak dapat melihat peluang sehingga dibutuhkan kreatifitas manusia didalamnya. Dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mendukung  perkembangan SDM.
  3. Pengembangan Desain Organisasi Baru. sistem organisasi yang telah di terapkan sebelumnya belum tent dapat berjalan efektif untuk diterapkan di masa yang akan datang. Sama halnya dengan SDM yang memiliki karakteristik yang khas disetiap  generainya. Oleh karena itu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi mereka menjadi tantangan tersendiri bagi seorang  HR.
  4. Pengembangan sumber daya manusia. Dalam hal ini seiring kemajuan zaman untuk menjawab permintaan konsumen maka perusahaan harus ters berkembang. Berkaitan hal tersebut managemen sumber daya manusia dapat melaukan suatu langkah yaitu dengan cara meningkakan skill tertentu sehingga menciptakan SDM yang multi talenta yang dapat di gunakan kapanpun perusahaan memerlukannya.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat...
 

Comments